ilustrasi espresso
Mesin Kopi

Tips Membuat Kopi Dengan Mesin Kopi Espresso Astoria

Sekarang membuat kopi espresso akan lebih mudah karena adanya Espresso Astoria. Espresso sendiri adalah proses menyeduh kopi menggunakan tekanan yang tinggi. Metode espresso ini sendiri sudah diperkenalkan di Italia sejak sekitar abad 20.

Proses Pembuatan Dengan Machine Espresso

Untuk proses pembuatannya sendiri, kopi nantinya akan digiling dahulu sampai benar-benar halus, lalu kopi akan dipadatkan atau biasa dikenal dengan istilah tamping. Jika sudah kopi akan diseduh dengan air bersuhu dan bertekanan tinggi, jadi akan menghasilkan ekstrak kopi kental yang dikenal dengan espresso.

Beberapa Istilah Yang Perlu Dipahami 

Saat menggunakan mesin espresso astoria, ada beberapa istilah yang perlu dipahami dahulu, seperti berikut ini,

  • Portafilter: salah satu bagian dari mesin espresso yang berupa wadah bubuk kopi espresso serta tempat keluarnya espresso cair
  • Leveling: proses untuk meratakan bubuk espresso dalam portafilter
  • Grouphead: tempat dalam mesin espresso untuk meletakkan portafilter yang akan menempel¬†
  • Tamper: tempat dalam mesin espresso yang dipakai untuk menekan bubuk espresso di portafilter
  • Scale: timbangan digital yang dipakai untuk menimbang kopi atau hasil seduhan kopi.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Espresso 

Saat membuat espresso lezat menggunakan mesin espresso astoria, terdapat beberapa tips penting yang perlu diperhatikan supaya bisa menghasilkan espresso yang konsisten

Bahkan barista sendiri terkadang harus melakukan eksperimen berulang agar bisa menemukan resep yang pas. Dan biasanya tiap barista akan mempunyai resep andalan sendiri, mau itu dari segi pemilihan biji kopi sampai teknik penyajiannya.

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa membuat kopi dengan mesin espresso astoria yang lezat,

  1. Asal dari Biji Kopi

Tiap biji kopi bisa menghasilkan rasa yang berbeda sesuai jenisnya. Dengan anda mengetahui asal kopi itu, hal ini bisa berpengaruh dalam hasil roastingan kopinya. 

Langkah satu ini juga biasanya akan ditangani oleh roaster sendiri untuk menentukan tingkat pemanggangan dari biji kopi tersebut. Jenis Dark roast sendiri akan lebih mudah dilalui air daripada light roast.

  1. Dose

Sebagian barista akan merasa nyaman melakukan dosing berdasar dengan ukuran filter basketnya, tapi ada juga beberapa yang lebih suka menimbangnya dengan scale saja.  Dari tahap dosing ini, barista bisa menentukan rasio yang sesuai.

Contohnya saat ingin mengubah rasio, perbedaan dari tingkat kepadatan bisa memberikan profil rasa yang berbeda walaupun memakai takaran air yang sama.

  1. Hasil Gilingan Kopi

Tingkat kehalusan dari bubuk kopi yang digunakan juga bisa berpengaruh dalam kualitas kopi espresso yang akan dihasilkan. Jika aliran air akan terlalu cepat, gilingan bubuk kopi bisa dibuat lebih halus agar dapat memperlambat laju air.

Membuat kopi dengan mesin espresso astoria memang cukup sulit. Tapi dengan anda yang telaten dan rajin mencoba, pasti anda bisa menghasilkan espresso yang nikmat dan lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.