klinik dokter gigi bandung
Klinik Gigi

Teknik Menambal Gigi di Klinik Dokter Gigi Bandung

Gigi yang berlubang menjadi penyebab sakit gigi, karena email giginya mulai keropos akibat bakteri yang melekat di sela terdalam gigi. Untuk lebih amannya, Anda bisa lakukan 2 metode yakni pencabutan gigi dan penambalan gigi pada klinik dokter gigi Bandung

Teknik pencabutan gigi berlubang

Gigi yang seringkali berlubang adalah gigi geraham, jika gigi geraham berlubangnya sakit dan berlubang cukup besar maka belum bisa diambil tindakan pencabutan. Dokter klinik dokter gigi Bandung memberikan obat oral untuk mengurangi sakit gigi tersebut, jika gigi berlubang telah sembuh dari sakitnya maka tindakan pencabutan bisa dilakukan. Tindakan pencabutan tersebut juga akan dilihat seberapa kuat akar yang menempel di gusinya. Ketika gusinya mengalami infeksi bengkak dokter akan menunda pencabutan karena masih kuat ikatan syarafnya. 

Jika tidak ada kendala lain, gigi geraham lubang bisa dicabut agar tidak sakit kembali. Caranya dengan mematikan syaraf giginya dan mengambil sisa gigi yang berlubang tersebut. 

Teknik penambalan gigi berlubang 

Gigi geraham yang berlubang akan ditambal dengan bahan semen seperti lapian ema sesungguhnya. Awalnya, gigi yang berlubang itu akan dibersihkan menggunakan bor gigi. Kemudian Anda disuruh berkumur hingga benar-benar bersih, rasa ngilu adalah hal yang wajar saat proses pembersihan. Setelah itu, lubang akan ditambal memakai bahan semen gigi sementara untuk memastikan bahwa tidak ada rasa sakit lagi. Anda akan disuruh pulang dan kembali lagi 4 hari kemudian sesuai anjuran dokter. 4 hari kemudian Anda bisa kembali lagi ke dokter gigi untuk diambil dan dibersihkan lagi lubang giginya. Jika dokter mengecek dengan kondisi bahwa bisa ditambal permanen maka Anda bisa sedikit lega karena bahan semen tambalannya khusus permanen. Ingat, selalu berkata jujur ya ketika kontrol agar dokter bisa memberikan penanganan yang tepat.  

Biaya tambal gigi di klinik dokter gigi mulai Rp. 400 ribuan untuk 2 kali kontrol tetapi hal itu tergantung dari kondisi gigi yang berlubang. Ada kalanya, gigi yang berlubang bisa ditambal sementara hingga 4 kali yang kemungkinan karena gusi bengkak atau sakit gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.