yuk simak kelebihan dan kekurangan genteng metal pasir
Atap rumah

Wajib Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Genteng Pasir Metal

Memilih genteng untuk atap sebuah rumah tidak bisa sembarangan, anda harus benar-benar memikirkannya. Soal harga genteng metal pasir juga bervariasi. Lebih baik mengeluarkan biaya yang lebih mahal asalkan mendapat kualitas genteng yang bagus sehingga awet dipakai. Daripada membeli genteng karena tergiur harga yang murah namun rawan bocor dan tidak awet. Salah satu jenis genteng yang saat ini diminati adalah atap genteng pasir.

Kelebihan Genteng Pasir Metal

Bagi anda yang tertarik menggunakan genteng pasir metal, berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki genteng pasir metal.

1. Genteng pasir metal anti karat

Genteng selalu bersentuhan dengan hujan dan panas matahari, hal ini akan meningkatkan resiko munculnya karat. Genteng pasir metal mengandung unsur seng dan aluminium sehingga memiliki sifat anti karat.

2. Genteng pasir metal meredam suara bising

Genteng pasir metal dapat meredam suara bising dari luar rumah, contohnya saja suara hujan dan suara kendaraan. Ini akan sangat membantu anda yang memiliki rumah dipinggir jalan yang ramai, anda menjadi tidak terganggu suara kendaraan yang lewat. 

3. Genteng pasir metal tidak membesarkan api

Genteng pasir metal memiliki sifat tidak membesarkan api, sehingga apabila terjadi kebakaran maka api tidak mudah membesar dan menyebar ke bagian-bagian lain.

4. Genteng pasir metal memiliki interlock system

Genteng pasir metal memiliki interlock system, yaitu sistem yang membuatnya sulit dibobol dari luar. Tidak seperti genteng tanah liat yang dapat mudah diangkat.

5. Genteng pasir metal lebih tahan lama

Bahan-bahan yang terkandung dalam genteng pasir metal membuatnya lebih awet dan tahan lama. Genteng pasir metal tidak mudah pecah, anti lapuk, anti jamur, anti karat, dan anti rayap. Genteng pasir metal dapat bertahan hingga 10 tahun tanpa perawatan khusus.

Kekurangan Genteng Pasir Metal

Setelah mengetahui kelebihan genteng pasir metal, berikut ini adalah beberapa informasi mengenai kekurangan yang dimiliki genteng pasir metal.

1. Genteng pasir metal mudah terkelupas

Warna genteng pasir metal mudah terkelupas, sehingga anda harus sangat berhati-hati saat memasangnya.

2. Genteng pasir metal rentan terhadap tekanan

Karena ketebalan genteng pasir metal yang hanya 0,20 mm hingga 0,40 mm, maka genteng pasir metal rentan terhadap tekanan, contohnya bila terlalu sering diinjak.

3. Genteng pasir metal daya redam panas rendah

Genteng pasir metal memiliki daya redam panas yang rendah, sehingga anda harus membuat ventilasi yang baik untuk mengakali hal ini, sehingga rumah anda tidak panas dan tidak pengap.

Itulah tadi informasi mengenai genteng pasir yang semoga berguna bagi anda yang sedang mencari dan mempertimbangkan untuk menggunakan genteng pasir sebagai penutup rumah anda. Harga genteng metal pasir juga relatif terjangkau, mengingat begitu banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh genteng pasir metal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.